Kamis, 03 September 2015

        10 FENOMENA ALAM METEORLOGI


Fenomena alam yang aneh dari kejadian meteorologi yang sangat menakjubkan. Fenomena aneh ini terjadi diluar kebiasaan cuaca pada umumnya. Kejadian meteorologi aneh yang menarik, beberapa fenomena lebih dari apa yang dijelaskan. Ini merupakan bukti dari kekuatan alam yang tak akan terkendali oleh manusia, Anda akan takjub dan kagum dengan apa yang terjadi.
Berikut ini adalah 10 fenomena alam aneh dari energi yang terpendam dan dilepaskan dengan dahsyat.

1. Fenomena Alam Aneh Gelombang Gravitasi
Fenomena gelombang gravitasi aneh
Foto: NASA
Gambar yang tidak biasa dari membentuk gelombang awan di Amsterdam salah satu Pulau di Samudera Hindia, pada Desember 2005.
Pola gelombang gravitasi terlihat sebagai pemandangan yang aneh, terutama jika Anda lebih terbiasa melihat gelombang air, sedangkan ini terjadi di langit.
Jarang terlihat gelombang gravitasi ketika udara di dataran vertikal, biasanya sebagai akibat dari arus naik yang datang dari gunung atau selama badai petir.

2. Fenomena Angin Katabatic
Angin Katabatic Fenomena angin aneh
Berasal dari kata Yunani ‘katabatikos’, yang berarti akan menurun, angin katabatic membawa udara kepadatan tinggi dari elevasi tinggi ke lereng bawah, kadang mencapai kecepatan badai.
Angin katabatic ditemukan di banyak bagian dunia. Mereka berubah nama tergantung di mana mereka berada dan bagaimana mereka terbentuk tetapi beberapa lebih dikenal adalah Bora di Adriatik, Mistral di Mediterania dan Santa Ana di California.

3. Fenomena Aneh Badai Supercell
Supercell nama yang keren untuk badai yang dahsyat ini. Ini adalah nama yang diberikan untuk angin yang terus berputar dahsyat dalam badai parah (mesocyclone a) dan terlihat benar-benar menakutkan.

Gambar badai hebat awan supercell
Foto: NOAA
Supercells merupakan badai terisolasi, yang dapat berlangsung selama berjam-jam, dan kadang-kadang dapat terbelah dua, dengan satu badai pergi ke kiri angin dan satu ke kanan. Mereka bisa menyemburkan sejumlah besar hujan es, hujan dan angin, menimbulkan tornado, meskipun mereka juga dapat terjadi tanpa tornado. Supercells sering pembawa hujan es raksasa dan meskipun mereka dapat terjadi di mana saja di dunia mereka yang paling sering di Great Plains, Amerika Serikat.
4. Fenomena Hujan Aneh 
Fenomena hujan es
Gambar Bola Es dari hujan es
Foto: SRHWheater
Dari semua fenomena cuaca yang aneh di  planet ini, hujan es raksasa akan menjadi yang paling mungkin menyebabkan cedera secara langsung, dilihat dari ukuran hujan es pada gambar. Bayangkan saja yang dilempari dari tempat yang tinggi dengan ratusan bola golf keras!
Hujan es terbesar, yang terbentuk dalam kondisi atmosfer yang sangat tidak biasa, yang disebut megacryometeors dan telah dikenal untuk mencapai hingga £ 25 (10 kg).
Gambar Hujan Es Raksasa Dari Satelit
Hujan es raksasa terjadi ketika salju padat ditiup ke atas maupun ke bawah, lanjut dengan pemadatan salju menimbulkan hujan es yang besar. Jelas hujan es yang berat ini tidak bisa bertahan di awan terlalu lama sehingga mereka segera mengendap dan jatuh ke tanah.
Fenomena hujan tidak berair
Meskipun fenomena, hujan tidak berair terkenal jarang dilaporkan atau didokumentasikan tetapi ketika itu di Wiltshire, Inggris salah satu media masa membuat berita utama pada tahun 1939, seperti halnya badai batubara pada tahun 1983 ketika sejumlah yachtsmen di Dorset menceritakan kisah gumpalan batu bara yang jatuh dari langit.
Fenomena aneh hujan ikan
Foto Gambar Hujan Ikan
Foto Memasak ikan yang jatuh di langit
Foto: Oddee
Yoro man memasak ikan yang jatuh dari langit.
Tapi salah satu peristiwa paling aneh adalah hujan ikan yang jatuh antara bulan Mei dan Juli di Honduras Departamento de Yoro. Sekarang disebut Festival de la Lluvia de Peces – Hujan Ikan Festival, rakyat Yoro merayakan persembahan ikan gratis setiap tahun.
Hal ini umumnya terjadi karena ikan (atau mineral) yang disedot oleh Gerakan udara vertikal yang kuat selama badai dan kemudian keluar dengan hujan lebat, meskipun ahli meteorologi masih menyelidiki fenomena ini.

6. Fenomena Aneh Donat Salju 
Gambar Fenomena Salju Berbentuk Donat
Salju donat di Ajax, Ontario.
Cincin salju bola salju yang dikenal sebagai donat, atau salju roller, hanya terjadi ketika kondisi yang sempurna. Suhu harus sekitar titik beku, salju mudah di pak dan harus ada angin kencang.
Gambar Salju Menggelinding
rol salju – Foto: Olev Mihkelmaa
Ketika salju turun, terutama jika ada ketidaksempurnaan, angin meniup salju sekitar. Dimana ada ketidaksempurnaan, bola salju kecil mulai terbentuk secara alami. Mereka terbentuk semakin besar dikumpulkan oleh angin yang berhembus di tanah. Lubang kecil kemudian berkembang di tengah di mana salju pertama berkumpul karena kurang dipadatkan dan mudah terpesona oleh kekuatan angin, memutar bola salju ke dalam salju donat cukup besar.

7. Cahaya Aneh Merah dan Biru – Sprite Jets
Gambar Red Sprites and Blue Jets
Foto: Eulekarelt
Tampil sebagai semburan kerucut, bersinar  terang, cahaya biru dan merah jet sprite terjadi hanya di bagian atas atmosfer, dan karena itu sangat samar dan sering tidak terlihat dengan mata telanjang.
Ini fenomena alam memiliki umur hanya beberapa ratus milidetik, sehingga kamera biasa akan sangat sulit menangkapnya. Namun, Denmark National Space Centre telah menempatkan kamera di puncak gunung untuk mempelajari bagaimana elf dan sprite diciptakan, seberapa sering mereka terjadi dan apa artinya bagi lingkungan.
Gambar Red Spiret
Red Sprite – Foto: NASA
Red Sprite yang ditemukan di atas seperti badai besar dan sering dikaitkan dengan awan petir besar. Mereka berada di tinggi paling terang dalam atmosfer dan terakhir hanya beberapa seperseribu detik.
Gambar Cahaya Aneh Blue Jet
Jet biru – Foto: Brett
cahaya Biru meluncur disekitar badai dan menyebar beberapa mil sampai ke atmosfer. Diperkirakan mereka menyediakan mekanisme untuk mentransfer energi antara awan dan ionosfer rendah.

8. Fenomena Pusaran Api Aneh
Gambar Pusaran Api Dahsyat
Api berpusar sering terjadi selama kebakaran semak. Berputar vertikal seperti efek tornado.
Api berpusar bisa setinggi 30 sampai 200 ft tinggi dan hingga 10 kaki lebar tetapi hanya berlangsung beberapa menit, meskipun dapat bertahan lebih lama jika anginnya kuat.

9. Fenomena Aneh Api St Elmo
Gambar Api St Elmo
Mengutip dari Wikipedia, “St Elmo api adalah sebuah fenomena cuaca listrik yang bercahaya plasma diciptakan oleh keluarnya cairan koronal yang berasal dari objek didasarkan pada medan listrik atmosfer (seperti yang dihasilkan oleh badai atau badai yang diciptakan oleh ledakan vulkanik). ”
St Elmo Kebakaran sering muncul di penangkal petir dan sayap pesawat, apa pun yang dapat bermuatan listrik selama badai berlangsung, terutama tiang-tiang kapal. Selama bertahun-tahun pengucapan nama itu hilang dalam terjemahan, yang segera menjadi dikenal sebagai St Elmo.

10. Fenomena Aneh Alam Bola Petir
Gambar Bola Petir Biru
Foto: Thinkquest
Bola petir sangat jarang,  karena itu tidak berlangsung untuk waktu yang lama ada sedikit kesempatan untuk mempelajarinya, sehingga tidak ada satu teori tentang bagaimana, atau mengapa, hal itu terjadi.
Bola petir sering bergerak jauh lebih lambat dibandingkan petir normal, sebagian besar merah, oranye atau kuning dalam warna dan dapat bervariasi dalam ukuran, dari bola golf sampai dengan bola basket (meskipun ada laporan dari beberapa yang delapan meter dengan diameter).

sumber :  http://infounik.org/fenomena-alam-aneh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

       10 Situs Paling Terlarang Internet tak selalu menjadi dunia digital yang penuh wawasan dan informasi. Terkadang, internet bisa ...